Tuesday, May 22, 2012

Pantai Nampu


Pantai Nampu merupakan sebuah pantai yang berada di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri.  Pantai yang terkenal akan kondisinya yang masih bersih ini merupakan potensi wisata yang cukup menarik untuk ditumbuhkembangkan sebagai andalan wisata di Kabupaten Wonogiri. Kondisi air yang jernih, ombak yang cukup besar, pasir putih,  tentu merupakan potensi yang menjadikan pantai Nampu sebagai pilihan yang menarik bagi masyarakat untuk bersantai baik bersama keluarga, pasangan, dan rombongan dalam partai besar.

Selain menawarkan tentang keindahan ombak dan pasir, pantai Nampu yang merupakan bagian dari laut selatan ini memiliki potensi-potensi unggul dalam kelautan. Masyarakat setempat sering memanfaatan potensi lobster yang cukup mahal sebagai salah satu sumber pendapatan dengan cara memasang perangkap di sela-sela ombak dan karang.

Pengembangan pantai Nampu saat ini lebih dikonsentrasikan melalui pengelolaan swadaya oleh desa. Letak geografis pantai Nampu yang cukup jauh dari kota kabupaten Wonogiri,  sulitnya akses sarana umum, dan minimnya perhatian pemerintah daerah, menjadikan pantai ini relatif kurang familiar terutama untuk masyarakat luar kota dan masyarakat international.  Kelebihan dari minimnya informasi mengenai keindahan pantai nampu, menjadikan pantai ini relatif masih terjaga dalam  hal kebersihannya.

Ketika ombak laut sedang pasang, pantai Nampu terlihat lebih indah bila dibandingkan ketika kondisi laut sedang surut. Meski letak pantai ini berada di antara tebing yang tinggi, namun dari arah utara yaitu dari bagian atas pantai Nampu, pengunjung dapat melihat bentangan laut yang menawarkan ombak sejauh mata memandang. Terlebih dengan adanya pandangan awan-awan mendung yang putih di angkaasa, menjadikan pantai ini memang cukup menarik meski hanya sekadar dilihat dari jarak yang cukup jauh. 

0 comments:

Post a Comment