Tuesday, May 22, 2012

Perjalanan ke Pantai Nampu


Perjalanan menuju kawasan pantai Nampu cukup menrik. Ketika kita berasal dari Solo, maka bisa melewati dua rute, yaitu jalur Praciomantoro dan jalur Baturetno atau Pacitan. Jalur utama yaitu melewati jalur Pracimantoro, bisa ditempuh dengan menggunakan akses bus umum atau menyewa mobil travel dari kota Solo. Mengingat jalan yang dilewati cukup bergelombang dan beberapa bagian jalan rusak, maka kendaraan pribadi sejenis sedan tidak disarankan untuk digunakan.

Lokasi kawasan pantai Nampu dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 3 jam ketika menggunakan akses bus umum. Setelah turun di terminal Pracimantoro maka untuk menuju kawasan pantai Nampu bisa mencarter mobil untuk rombongn atau mencarter ojek untuk perorangan. Selain dengan mengunakan kendaraan umum, rombongan besar bisa mencarter mobil atau menggunakan sepeda motor. Jarak antara Pracimanotoro ke kawasan pantai nampu yang berada di kecamatan Paranggupito adalah 1 jam.



Perjalanan di kawasan Pracimantoro menuju pantai Nampu cukup menarik. Pemandangan di sekitar jalan akan menjumpai lahan-lahan pertanian yang menghijau, gua dan batu koral yang muncul karena faktor tektonik, sehingga menghadirkan pemandanan yang unik bagi para pengunjung. Ketika perjalanan sudah mendekati lokasi pantai Nampu, maka sepanjang perjalanan mata akan dimanjakan dengan pemandangan pohon-pohon kelapa dan aktivitas masyarakat yang memanjat pohon kelapa untuk menggambil nira yaitu bahan baku pembuatan gula Jawa.



0 comments:

Post a Comment